Selasa, 15 Mei 2012

Wi-Fi Kampus Pertama di Indonesia


Bagi sebagian besar orang, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan primer setelah sandang, pangan, dan papan. Tak terkecuali di lingkungan kampus yang sudah seharusnya mendapatkan akses Wi-Fi (Wireless Fidelity) untuk memenuhi kebutuhan internet sebagai media informasi dan komunikasi.
Sebagai upaya untuk memperluas dan memudahkan akses internet di lingkungan kampus, baru-baru ini Telkom meresmikan Wi-Fi Kampus di Universitas Padjajaran (UNPAD) Jatinangor. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Rektor UNPAD Prof. Ganjar Kurnia, DEA didampingi oleh Direktur Enterprise & Wholesale (EWS) Telkom Arief Yahya di Aula Bale Sawala Gedung Rektorat UNPAD Jatinangor. Dengan disaksikan seluruh Pembantu Rektor UNPAD dan para mahasiswa dari berbagai Fakultas yang ada di UNPAD, Wi-Fi kampus ini dapat menjadi solusi bagi semua civitas akademik untuk memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi.
Dalam sambutannya, Prof. Ganjar Kurnia, DEA menyampaikan, “Semua fasilitas telekomunikasi di UNPAD Jatinangor tidak lepas dari dukungan Telkom,” ujarnya. Ia pun menjelaskan bahwa sudah ada 11 area publik di kawasan kampus UNPAD Jatinangor yang telah memiliki akses Wi-Fi kampus. Beliau berharap kegiatan kampus dapat lebih aktif dan kreativitas mahasiswa dapat tersalurkan berkat akses internet gratis ini.
Dalam kesempatan itu, Direktur EWS Telkom Arief Yahya mengungkapkan, “Untuk pertama kalinya, Wi-Fi kampus diluncurkan di UNPAD.” Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kerja sama dengan UNPAD ini mencakup tiga hal positif bagi kedua belah pihak, yang bertujuan untuk menempatkan UNPAD sebagai perguruan tinggi terbaik. Ketiga hal tersebut antara lain komitmen Telkom untuk memberikan solusi akses broadband internet mulai dari lingkungan kampus UNPAD hingga ke kos-kosan mahasiswa, kemudian komitmen untuk memberikan solusi jaringan akses untuk video streaming perkuliahan di UNPAD, dan yang ketiga, solusi kebutuhan server (cloud) untuk menyimpan hasil karya-karya ilmiah civitas akademik UNPAD.
Dengan adanya layanan Wi-Fi Kampus yang disolusikan oleh wifi.id (Indonesia Wi-Fi), Wi-Fi Kampus Flexi, dan Wi-Fi Kampus Telkomsel ini, kegiatan perkuliahan dari kampus UNPAD Dipati Ukur, Bandung pindah secara menyeluruh ke kampus UNPAD Jatinangor, Kab. Sumedang pada 3 Januari 2012.

sumber : it solution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar